PENGEMBANGAN BUKU SISWA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 19 MALANG

Mursalin, Mursalin (2014) PENGEMBANGAN BUKU SISWA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 19 MALANG. Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2. pp. 1-23.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN_BUKU_SISWA_MATERI_ARITMETIK.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan buku siswa berbasis pembelajaran model Treffinger untuk mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 19 Malang yang valid, praktis dan efektif.Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan buku siswa ini adalah model pengembangan Plomp (2010). Produk pengembangan yang terdiri dari buku siswa dan RPP telah melewati beberapa tahap, yakni: (1) validasi oleh ahli (materi buku, konstruk), (2) validasi oleh praktisi (guru), dan (3) ujicoba lapangan. Data hasil evaluasi tersebut yang berupa saran, tanggapan dan penilaian dari subyek ujicoba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan buku siswa dan RPP. Hasil validasi tiga orang validator diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek (Vk) yaitu 3,65 dari skala 4,00 termasuk kategori valid. Hasil observasi keterlaksanaan buku siswa termasuk tinggi dengan skor rata-rata total semua aspek (Pk) adalah 3,55 dari skala 4,00 termasuk kategori praktis. Untuk keefektifan, semua indikator yakni ketuntasan belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Sociology
Depositing User: Mursalin, S.Pd.,M.Pd
Date Deposited: 04 Feb 2016 00:59
Last Modified: 29 Nov 2016 00:47
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item