Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Potential Gain In Customer Value’s

Tumanggor, Hasya Silvia and Bahri, Syamsul and Fatimah, Fatimah (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Potential Gain In Customer Value’s. Seminar Nasional Teknik Industri 2019, 4 (1). ISSN 2338-7122

[img]
Preview
Text
10-Paper-SNTI-2019.pdf

Download (273kB) | Preview
Official URL: https://snti2019.industri.unimal.ac.id/

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Subulussalam merupakan layanan kesehatan milik Pemkot Kota Subulussalamyangdikelola oleh Pemerintah Kota. Rumah Sakit ini merupakan rumah sakit satu-satunya layanan kesehatan yang terbesar selain Puskesmas dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan di bidang kesehatan. Adapun rumah sakit ini merupakanyang pertama dan satu-satunya di Kota Subulussalam. Maka diperlukan usaha dalam memenuhi ekspektasi atau harapan konsumen agarkonsumen puas terhadappelayanan yang diberikan rumah sakit. Berdasarkan masalah tersebut sangat perlu dilakukananalisis tentang kepentingan atau harapan kosumen yang dapat menggunakan metode Importance Performance Analysis(IPA). Terdapat 11 atribut dari 22 atribut valid yang membutuhkan perbaikan. Dari kesebelas atributyang telah didapatkan dari metode IPA dilanjutkan dengan menggunakan metodePotential Gain in Customer Value’s sehingga mendapatkan urutan prioritas perbaikanyang harus diutamakan dalam melakukan perbaikan. Dimana urutan prioritas tersebut yaitu atribut pertama fasilitas kamar yang diberikan. Atribut kedua perawat dan dokter memantau kondisi pasien. Atribut ketiga kepekaan rumah sakit terhadap keinginan pasien. Atribut keempat kemudahan dalam mencari informasi yang dibutuhkan pasien berhubungandengan rencana pengobatan . Atribut kelima kemampuandokter dan perawat cepat tanggap dalam menyikapikeluhan yang disampaikan pasien. Atribut keenam kebersihan, keindahan dan kenyamanan Rumah Sakit. Atribut ketujuh kerapian dan kebersihan penampilan karyawan. Atribut kedelapan prosedur penerimaan, pelayanan pemeriksaan, pengobatandan perawatan yang cepat atau segera. Atribut kesembilan ketersediaan tempat parkir yang luas dan aman. Atribut kesepuluh jadwal rumah sakit dijalankan dengan tepat (X11). Atribut kesebelas Dokter/perawat selalu ada ditempat tugasnya jika diperlukan (X19).

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: SNTI 2019 Unimal
Date Deposited: 26 Oct 2019 16:59
Last Modified: 26 Oct 2019 16:59
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/5001

Actions (login required)

View Item View Item