EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KEPADA MASYARAKAT

LISA, IRYANI (2019) EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KEPADA MASYARAKAT. Unimal Press.

[img]
Preview
Text
[Lisa Iryani] EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN TERPADU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu bentuk kegiatan mengarahkan kemampuan untuk kelancaran kegiatan dan memberikan kepuasan kepada orang lain. Pembentukan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu bermaksud untuk mewujudkan pelayanan publik cepat, murah, mudah, transparan, pasti dan terjangkau serta meningkatkan hak masyarakat terhadap pelayanan publik sedangkan tujuan yang hendak dicapai adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat dan investor dalam rangka investasi. Dalam Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu melakukan proses pelayanan perizinan meliputi 33 ( tiga puluh tiga ) jenis perizinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini tidak menggunakan uji statistik, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif, dimana kegiatan analisis dilakukan sejak awal sampai selesainya pengumpulan data dengan meliputi proses analisis data melalui tahap pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi yang dilakukan secara interaktif. Hasil penelitiannya menunjukkan pola pelayanan yang dijalankan oleh Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu banyak menghasilkan kepuasan terhadap masyarakat, masyarakat mendapatkan pelayanan dengan baik dimana proses pelayanan perizinannya juga transparan dalam hal prosedur, waktu penyelesaian, biaya dan syarat – syarat. Walaupun saat ini belum banyak masyarakat yang mengetahui fungsi dan keberadaan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, hal ini terjadi dikarenakan masih kurangnya sarana dan prasarana Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Saat ini Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu baru membentuk 2 ( dua ) tim yaitu tim Pembina Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan tim Teknis Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu yang merupakan suatu solusi untuk mengatasi permasalahan – permasalahan pada Kantor Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Lhokseumawe.

Item Type: Book
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Mr Admin Repository
Date Deposited: 13 Sep 2019 04:05
Last Modified: 13 Sep 2019 04:05
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/4879

Actions (login required)

View Item View Item