Pengaruh Kondisi Psikologi Komunikan Terhadap Efektivitas Dakwah.

Ahyar, Juni (2016) Pengaruh Kondisi Psikologi Komunikan Terhadap Efektivitas Dakwah. Pengaruh Kondisi Psikologi Komunikan Terhadap Efektivitas Dakwah., 3 (2). pp. 25-34. ISSN 2460-8076

[img]
Preview
Text
Jurnal Humanis JUN.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Kondisi Psikologi Komunikan Terhadap Efektivitas Dakwah pentingnya bagi seorang juru dakwah (da’i) untuk menyampaikan dakwahnya bukan hanya sekedar dipahami, direnungkan dan dirasakan saja, terlebih bagaimana agar seorang komunikan benar- benar menjalankan apa yang disampaikan. Pendekatan psikologis adalah pendekatan yang paling penting dan yang paling berpengaruh untuk tercapainya tujuan dakwah yang baik dan efektif. Tujuan Penelitian ini penulis ingin mengetahui metode dakwah bagi seorang (da’i) dalam konteks psikologi masyarakat, sehingga menjadikan sebuah dakwah yang sukses dan efektif. Sedangkan yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini adalah penulis mengkaji tentang ilmu psikologi dakwah dan bentuk psikologi masyarakat dan para (da’i) di Desa Simpang Empat, Kuta Blang dan Pusong Lama dalam terhadap sebuah pesan dakwah yang efektif. Teori humanisme yang diperkenalkan oleh Abraham Maslow, penulis gunakan untuk menganalisis kebutuhan manusia secara hirarki sehingga berpengaruh kepada terbentuknya psikologi seseorang. Teori ini menjelaskan apabila seseorang telah dapat memenuhi semua kebutuhan yang tingkatannya lebih rendah, maka motivasi lalu diarahkan kepada terpenuhinya kebutuhan aktualisasi diri, yaitu kebutuhan untuk mengembangkan potensi atau bakat dan kecenderungan tertentu. Disinilah psikologi seseorang terbentuk. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penulis berinteraksi dengan bahan bacaan dan penelitian yang berkaitan dunia dakwah atau bahkan melakukan wawancara mendalam dengan para (da’i) dan, sehingga pertanyaan-pertanyaan yang spesifik dapat diletakkan pada konteks yang tepat untuk dianalisis. Informan penelitian penulis ambil secara purposive sampling, yang memiliki ciri-ciri atau karakteristik sebagai (da’i) dan pendengar dakwah yang aktif di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi psikologi masyarakat dan juga lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap efektif dan berlangsungnya dakwah yang baik dan sukses. Menjadi sebuah keharusan bagi seorang (da’i) untuk lebih mempelajari psikologi agar terciptanya dakwah (rahmatan lil ‘alamin). Kata Kunci : Psikologi Komunikan, Efektivitas.

Item Type: Article
Subjects: I Languanges > I1 Languages (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Department of Management Science
Depositing User: Mr. Juni Ahyar, S.Pd, M.Pd
Date Deposited: 14 Dec 2016 07:09
Last Modified: 14 Dec 2016 07:09
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/2450

Actions (login required)

View Item View Item