Implementasi Model Pembelajaran Ekonomi Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan Konstekstual.

Ahyar, Juni (2016) Implementasi Model Pembelajaran Ekonomi Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan Konstekstual. Implementasi Model Pembelajaran Ekonomi Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan Konstekstual.. p. 56. ISSN 978-602-14708-2-4

[img]
Preview
Text
Prosiding SNE Juni Ahyar.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pendekatan kontekstual mampu memecahkan permasalahan praktis dalam mengatasi lemahnya kemampuan mahasiswa untuk membangun suatu konsep/makna dari apa yang telah dipelajari. Lingkup penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontektual dalam pembelajaran matakuliah dasar-dasar Ilmu Ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan partisipan (participatory action research). Setting Penelitian ini adalah Program Studi ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh. Penelitian ini melibatkan mahasiswa semester I sebanyak 40 mahasiswa. Adapun pihak-pihak yang dilibatkan dalam penelitian adalah: dosen sebagai peneliti dan sekaligus pelaku tindakan berjumlah 1 orang, dosen pengamat (observer) yang berjumlah 2 orang, mahasiswa sebagai subjek didik yang berjumlah 52 orang. Cara penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut: tahap perencanaan, implementasi Tindakan, tahap pemantauan dan Evaluasi, analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Pada siklus pertama cara menjawab pertanyaan, kualitas jawaban yang disampaikan mahasiswa kurang berbobot, frekuensi dalam mengemukakan pendapat cenderung masih sedikit, interaksi mahasiswa dengan mahasiswa masih sangat rendah. Dan waktunya kurang, karena proses pembagian kelompok dan jumlah mahasiswa yang terlalu banyak sehingga banyak menyita waktu, 2. Metode CTL dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam diskusi. Kualitas pemaparan hasil diskusi, cara mahasiswa menyampaikan ulasan diskripsi secara lisan, kemampuan mahasiswa membangun makna/konsep. Dalam penerapan CTL ditemui beberapa kelemahan antara lain: penggunaan metode CTL secara terus-menerus dapat membuat mahasiswa jenuh, penggunaan metode CTL memerlukan dana yang lebih banyak.

Item Type: Article
Subjects: I Languanges > I1 Languages (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Department of Management Science
Depositing User: Mr. Juni Ahyar, S.Pd, M.Pd
Date Deposited: 10 Dec 2016 15:28
Last Modified: 10 Dec 2016 15:28
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item