Hasan, Kamaruddin (2007) MERINDUKAN REINTEGRASI DAN REKONSILIASI SEPENUH HATI. In: Kajian dan diskusi bersama TIM Peneliti P2P LIPI, sebagai masukan kelengkapan Proposal Penelitian P2P LIPI tentang Aceh, Jakarta 2007, 2007, LIPI JAKARTA. (Unpublished)
|
Text
MERINDUKAN REINTEGRASI DAN REKONSILIASI SEPENUH HATI -P2P- LIPI JAKARTA 2007.pdf Download (118kB) | Preview |
Abstract
Mengawali diskusi ini, saya ingin mengatakan bahwa tidak semua mantan Combatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang sekarang tergabung dalam Komite Peralihan Aceh (KPA) dan korban konflik mampu memaksimalkan ruang publik (public sphere) yang dimilikinya. Belum semua mampu mengakses proses komunikasi, informasi dan kebijakan dari Badan Reintegrasi Aceh (BRA) atau Badan Reintegrasi Damai Aceh (BRDA), di tingkat pusat, propinsi maupun local yaitu kabupaten, kota sampai ke kecamatan dan Gampong. Termasuk belum ada dan belum mampu memanfaatka kesempatan yang diberikan oleh pemerintah daerah maupun pusat. Terlihat, pola partisipatif, sosialiasi lembaga, peran, transparansi, keihklasan pada tingkat penguasa dan lain lain belum berjalan sebagaimana mestinya. Mungkin, di Aceh, termasuk di daerah-daerah konflik lainnya, seperti ada kondisi pseudo-neurotik yang menyebabkan mereka terpasung dan tertekan secara psikologis. Mereka masih merasa tak memiliki siapapun dan apapun yang bisa mengangkat keresahan, harga diri, kepercayaan diri dan keinginannya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HP Peace and Conflict Resolution J Political Science > JA Political science (General) W Communication and Media Studies |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | Mr. Kamaruddin Hasan, M.Si |
Date Deposited: | 23 Jul 2016 07:22 |
Last Modified: | 23 Jul 2016 07:22 |
URI: | http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/1677 |
Actions (login required)
View Item |