MEMAHAMI ACEH (Menuju Pilpres 2009 yang damai)

Hasan, Kamaruddin (2009) MEMAHAMI ACEH (Menuju Pilpres 2009 yang damai). In: Panel Forum “Arah Strategis Rakyat Aceh Dalam Pilpres 8 Juli 2009” yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Pascasarjana (IMPAS) Aceh-Jakarta bekerjasama dengan Pusat Penelitian Politik-LIPI (P2P-LIPI), 25 JUNI 2009, Gedung LIPI Jakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ARAH STRATEGIS RAKYAT ACEH DALAM PILPRES 2009 pdf.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Dari realitas pengalaman sejarah kehidupan yang panjang ini, terbentuklah berbagai unsur alam pikiran dasar yang meliputi: world-view, common sense, kepercayaan, tata-nilai, upacara-upacara dan prinsip-prinsip, system kebudayaan, mitologi, totemisme dan ritual. Semua ini disepakati, dipercayai, dipegang-teguh dan diyakini secara bersama sebagai kaedah-kaedah normatif yang mengikat dan mejadi elemen-elemen dasar bagi konstruksi kehidupannya. Kaedah-kaedah normative ini, terkadang memiliki tingkat sakralitas tertentu, yang sangat dipengaruhi oleh berbagai ajaran agama, latar filosofi kehidupan dalam menata kehidupan bersama, yang kemudian dianggap agung, dimuliakan dan muncul menjelma ke dalam dan mewarnai pola-pikir dan pola prilaku, yang pada gilirannya menjadi kebiasaan, adat istiadat dan kebudayaan. Dan proses tersebut juga dialami oleh Aceh, sehingga ada yang menyebutkan bangsa yang “keras kepala”, militan dan lain-lain. Hal ini bisa kita lihat dalam pepatah-pepatah Aceh, antara lain: “ni bak siget, leubeh got roe, ni bak puteh mata leubeh got puteh tuleung”, “Ureung Aceh, meunyo ka teupeh bu leubeh han geupeetaba”, meunyo ka pakat lampouh jrat ta peugala”

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
W Communication and Media Studies
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Mr. Kamaruddin Hasan, M.Si
Date Deposited: 20 Jul 2016 23:38
Last Modified: 20 Jul 2016 23:38
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item