PROPAGANDA (MODUL LENGKAP 2010-2012)

Hasan, Kamaruddin (2010) PROPAGANDA (MODUL LENGKAP 2010-2012). [Teaching Resource] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
PROPAGANDA (MODUL LENGKAP 2010-2012).pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Seperti halnya pengertian komunikasi, pengertian propaganda juga sangat banyak. Para ahli seperti Brown dan Both, Werner J Severin, James W Tankard (1979), Everyman’s Encyclopaedia, Qualter, Harold D. Laswell, Barnays, Ralph D. Cassey, Leonard W. Dobb dan lain-lain. Mendefinisikan propaganda menurut sudut pandang mereka. Sebagai contoh Propaganda; Propaganda adalah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja oleh beberapa individu atau kelompok untuk membentuk, mengawasi, atau mengubah sikap dari kelompok-kelompok lain dengan menggunakan media komunikasi dengan tujuan bahwa pada setiap situasi yang tersedia, reaksi dari mereka yang dipengaruhi akan seperti yang diinginkan oleh si propagandis. Propaganda adalah teknik untuk mempengaruhi kegiatan manusia dengan memanipulasi representasinya (propaganda in broadest sense is the technique of influencing human action by the manipulataion of presentations)”. Propaganda modern adalah suatu usaha yang bersifat konsisten dan terus menerus untuk menciptakan atau membentuk peristiwa-peristiwa guna mempengaruhi hubungan publik terhadap suatu usaha atau kelompok. Propaganda adalah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja atau sadar untuk memantapkan suatu sikap atau merupakan suatu pendapat yang berkaitan dengan suatu doktrin atau program dan di pihak lain, merupakan usaha yang sadar dari lembaga-lembaga komunikasi untuk menyebarkan fakta dalam semangat objektivitas dan kejujuran. Propaganda adalah usaha sistematis yang dilakukan oleh individu yang masing-masing berkepentingan untuk mengotrol sikap kelompok individu lainnya dengan cara menggunakan sugesti dan sebagai akaibatnya mengontrol kegiatan tersebut. Encylopedia International mendefinisikan Propaganda adalah, “suatu jenis komunikasi yang berusaha mempengaruhi pandangan dan reaksi, tanpa mengindahkan tentang nilai benar atau tidak benarnya pesan yang disampaikan”.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
W Communication and Media Studies
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Mr. Kamaruddin Hasan, M.Si
Date Deposited: 20 Jul 2016 23:38
Last Modified: 20 Jul 2016 23:38
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/1661

Actions (login required)

View Item View Item