MELEK MEDIA (MENGEMBALIKAN MEDIA DALAM RANAH PUBLIK/RAKYAT)

Hasan, Kamaruddin (2014) MELEK MEDIA (MENGEMBALIKAN MEDIA DALAM RANAH PUBLIK/RAKYAT). PT. Sisnet Mediatama-Situs BeritaHUKUM.com.

[img]
Preview
Text
02. MELEK MEDIA mengembalikan media kedalam Ranah Publik Rakyat pdf.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

MEDIA MASA pada dasarnya dilahirkan, dihidupkan dan dijalankan oleh publik atau rakyat. Negara yang melahirkan payung hukum, pasar ekonomi yang menghidupkannya dan public/rakyat sebagai pemiliknya. Keseimbangan dan sinersitas ranah media diantara tiga kepentingan besar; negara/politik, pasar ekonomi dan publik/rakyat menjadi penting dewasa ini. Mengingat, pertama, menipisnya kepercayaan publik terhadap wujud dan isi media dewasa. Wujud isi media lebih ditentukan oleh kekuatan-kekuatan politik, ekonomi pemilik dan pendapatan media itu sendiri, hal ini akan berimplikasi pada kualitas dan kuantitas demokrasi di nusantara. Kedua, lemahnya literasi media/melemahnya kekuatan atau keberdayaan public/rakyat terhadap semua produk sajian media. Ketiga, kecenderungan bersatunya kepentingan negara/politik dengan pasar ekonomi media yang meminggirkan kepentingan publik/rakyat dan keempat, menguatnya pasar ekonomi media, yang bahkan melemahnya kekuatan Negara. Dalam hal ini pihak yang senantiasa diuntungkan tentu saja media massa, publik/rakyat akan tetap dieksploitasi, dikomodifikasi, untuk dijual dengan harga mahal keperusahaan iklan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
W Communication and Media Studies
W Communication and Media Studies > WDA Discourse Analysis
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Mr. Kamaruddin Hasan, M.Si
Date Deposited: 18 Jul 2016 05:06
Last Modified: 18 Jul 2016 05:06
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/1618

Actions (login required)

View Item View Item