DILEMA MEDIA: ANTARA EKONOMI POLITIK DAN RUANG PUBLIK

Hasan, Kamaruddin (2014) DILEMA MEDIA: ANTARA EKONOMI POLITIK DAN RUANG PUBLIK. PT. Sisnet Mediatama - Situs BeritaHUKUM.com.

[img]
Preview
Text
06. Dilema_Media_antara ekonomi politik dan ruang publik- www_beritahukum_com_.pdf

Download (978kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini berawal dari kegalauan kawan-kawan Development for Research and Empowerment – DeRE-Indonesia dengan Atjeh Analys Club (A2C) dan Sekolah Menulis & Kajian Media (SMKM_Atjeh)nya yang fokus melakukan kajian mingguan tentang relitas media baik secara global, Nasional maupun regional. Saya coba merangkum kembali poin-poin penting untuk memperoleh suatu pemahaman awal tentang dilema media kontemporer diantara kekuatan ekonomi politik yang begitu besar dengan kepentingan publik yang mulai terabaikan. Realitas riil yang muncul kemudian adalah para pihak berkuasa secara ekonomi dan politik justru pemilik media, industri media dikuasai hanya beberapa koorporasi secara Nasional yang menghegemoni publik. Ekonomi-politik media yang pada intinya berpijak pada prinsip ekonomi politik sebagai kajian relasi sosial dalam hal ini publik, juga menyangkut relasi kekuasaan, baik dalam produksi, distribusi dan konsumsi sumber daya, kontrol dan pertahanan kehidupan, menjadi penting dilakukan pencerahan demi menempatkan publik secara kritis terhadap berbagai sajian atau isi media. Asumsinya bahwa sajian atau isi media lebih ditentukan oleh kekuatan-kekuatan ekonomi dan politik. Faktor pemilik media, modal, dan pendapatan media lebih menentukan bagaimana wujud sajian dan isi media.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
W Communication and Media Studies
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Mr. Kamaruddin Hasan, M.Si
Date Deposited: 16 Jul 2016 15:06
Last Modified: 16 Jul 2016 15:06
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item