Fasya, Kemal (2013) Perlindungan Sosial dan Pendidikan di Aceh Selatan. Sosiologi Pendidikan, I (2). pp. 211-242. ISSN 2301-8763
|
Text
Sosiologi Pendidikan.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pemetaan ruang demokrasi (mapping space for democracy) yang akan dilakukan di Aceh Selatan ini bertujuan melihat bagaimana institusi-insitusi negara (pemerintah dan segala unsur penggeraknya) dan non-negara (LSM, lembaga adat, hukum adat, masyarakat) dalam mengembangkan potensi demokrasi daerahnya. Adapun perspektif social security yang menjadi konsentrasi penelitian ini berbeda pemahamannya dengan security sector yang sering dibincangkan dalam wacana security sector reform. Social security yang dibahas dalam penelitian ini berhubungan dengan konsep negara kesejahteraan (welfare state), atau yang menjadi inti wacana demokrasi kesejahteraan (welfare democracy), yaitu model praksis sistem pemerintahan – telah menjadi wacana praktis di Eropa Barat atau di negara-negara Skandinavia - dimana fungsi negara dinilai dari seberapa besar menjalankan proyek kesejahteraan bagi masyarakat, bukan hanya mediator yang memungkinkan pasar atau instrumen neo-liberal menjalankan kekuasaannya. Konsep demokrasi kesejahteraan tidak ekuivalen dengan konsep pemerintahan neo-liberal atau korporatokrasi, dimana perusahaan-perusahaan menjadi daulat yang menentukan jalannya pemerintahan. Kata Kunci : Social Security, Pendidikan, Demokrasi Lokal, Demokrasi Deliberatif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Anthropology |
Depositing User: | Mr. Teuku Kemal Fasya |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 10:06 |
Last Modified: | 12 Jul 2016 10:06 |
URI: | http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/1479 |
Actions (login required)
View Item |