Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Missouri Mathematics Project (Mmp) Dengan Strategi Think, Talk And Write (Ttw) Terhadap Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII SMP

Samsinar, Samsinar and Nufus, Hayatun and Isfayani, Erna and Fajriana, Fajriana (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Missouri Mathematics Project (Mmp) Dengan Strategi Think, Talk And Write (Ttw) Terhadap Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1 (2). pp. 95-104. ISSN 2798-8791

[img]
Preview
Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MISSOURI MATHEMATICS.pdf

Download (763kB) | Preview
Official URL: https://ojs.unimal.ac.id/jpmm/article/view/6495

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perlu kiranya diterapkan model pembelajaran missouri mathematics project dan diikuti strategi yang sejalan dengannya yaitu strategi think, talk and write. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran missouri mathematics project dengan strategi think, talk and write terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VIII SMPN 2 Teupah Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksprimen Design dengan rancanagan Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Purporsive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Seunagan, sedangkan yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas ekperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dilakukan sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada salah satu kelas. Pengujian data menggunakan uji hipotesis berbaantuan Software SPSS 18. Berdasarkan uji T t-test for Equality of Means diperoleh signifikan 0,000 < taraf signifikan berarti tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project dengan strategi think, talk and write terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Dr. Fajriana S.Si, M.Si
Date Deposited: 04 Nov 2022 01:55
Last Modified: 04 Nov 2022 01:55
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/7383

Actions (login required)

View Item View Item