Fajriana, Fajriana and Safriana, Safriana (2021) ANALISIS KESIAPAN GURU FISIKA DAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9 (2). pp. 293-304. ISSN e-ISSN: 2615-840X p-ISSN: 2338-4379
|
Text
Analisis Kesiapan Guru Fisika dan Matematika.pdf Download (477kB) | Preview |
Abstract
Kelangsungan pendidikan selama pandemi ini tergantung pada berbagai faktor, salah satunya kesiapan guru. Dengan diberlakunya belajar dari rumah, guru difokuskan untuk menerapkan pembelajaran daring kepada siswa dengan memanfaatkan aplikasi/platform yang tersedia untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Persoalan yang muncul adalah apakah sekolah-sekolah di Aceh Utara beserta sumber dayanya sudah memiliki kesiapan untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran daring, dan sudah mampukah guru-guru di sekolah menyiapkan diri untuk mengimplementasikan pembelajaran daring. maka perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai analisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran daring di sekolah se Aceh Utara. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan di seluruh guru di Aceh Utara khusunya guru bidang IPA dan Matematika yang berjumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan alat ukur kesiapan yang dikemukakan oleh Aydin dan Tasci yang memiliki beberapa kriteria yang menjadi acuan dalam penilaian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa skor rata-rata kesiapan guru dalam implementasi pembelajaran daring adalah 3,91. Berdasarkan kriteria yang ada maka kesiapan guru matematika dan guru fisika di Kabupaten Aceh Utara dalam penerapan pembelajaran daring adalah siap namun memerlukan sedikit peningkatan kemampuan dari guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Aspek kesiapan guru dalam penerapan pembelajaran daring yang memerlukan peningkatan kemampuan dalam skala menengah, diantaranya yaitu kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang dapat meningkatkan proses belajar mengajar, kepeduliaan guru dalam penerapan pembelajaran daring di sekolah dan kemampuan untuk memadukan pembelajaran daring dengan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Dr. Fajriana S.Si, M.Si |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 02:21 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 02:21 |
URI: | http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/7359 |
Actions (login required)
View Item |