PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN OLEH GURU SEKOLAH DALAM MASA COVID-19

Ahyar, Juni (2021) PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN OLEH GURU SEKOLAH DALAM MASA COVID-19. In: PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN OLEH GURU SEKOLAH DALAM MASA COVID-19. CV. Sefa Bumi Persada, Lhokseumawe, pp. 1-102. ISBN 978-623-6983-33-1

[img]
Preview
Text
Cover ISBN.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
isi buku.pdf

Download (788kB) | Preview
Official URL: https://repository.unimal.ac.id/cgi/users/home?scr...

Abstract

Model pembelajaran merupakan suatu kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dengan penggunaan model, pembelajaran dapat menjadi lebih terarah, mudah dipahami, dan dikuasai oleh siswa. Makanya, penggunaan model dalam suatu pembelajaran harus benar-benar sesuai dengan teori yang diajarkan, tujuan yang ingin dicapai, dan lingkungan dan peserta didik juga harus diperhatikan. Selain itu, model yang digunakan harus benar-benar juga dikuasi oleh si pengajar. Jika faktor-faktor tersebut tidak diperhatian, hasil akhir nantinya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Timbullah persoalan, siswa tidak mau belajar, suasana belajar tidak nyaman, pengajar juga tidak enak dalam mengajar, hingga akhirnya nilai si siswa tidak maksimal. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat bagaimana model yang diterapkan oleh guru, khususnya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, serta masa covid-19 dengan nilai akhir siswa (UNAS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peneliti akan mendeskripsikan hasil akhir penelitian, lalu menarik sebuah kesimpulan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Observasi di sini, bukan hanya observasi di ruangan kelas, melainkan juga peneliti melakukan pengamatan terhadap sarana dan prasarana lainnya. Melalui penelitian ini, diharapkan (1) adanya gambaran sebagai bahan acuan untuk bagi instansi yang terkait dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas pemdidikan, (2) menjadi referensi bagi pendidik yang lain terhadap penerapan model yang efektif, dan (3) menemukan model pembelajaran terbaru yang mungkin ditemukan dalam penelitian ini. Kemudian, hasil penelitian ini juga ditargetkan akan dipublikasikan pada seminar dan jurnal nasional. Kata kunci: Model Pembelajaran, Sekolah Menengah atas, Nilai Akhir

Item Type: Book Section
Additional Information: Sangat Bermanfaat untuk Siswa, Mahasiswa, dan Pendidik...
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Sekolah Menengah atas, Nilai Akhir
Subjects: I Languanges > I1 Languages (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business
Depositing User: Mr. Juni Ahyar, S.Pd, M.Pd
Date Deposited: 02 Sep 2021 01:32
Last Modified: 02 Sep 2021 01:32
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/6765

Actions (login required)

View Item View Item