Pengukuran Kualitas Layanan Dengan Metode Service Quality Pada Puskesmas Jakarta Utara

Rahayu W, Fuji and Rembulan, Glisina Dwinoor and Tasya, Regina (2019) Pengukuran Kualitas Layanan Dengan Metode Service Quality Pada Puskesmas Jakarta Utara. Seminar Nasional Teknik Industri 2019, 4 (1). ISSN 2338-7122

[img]
Preview
Text
21-Paper-SNTI-2019.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: https://snti2019.industri.unimal.ac.id/

Abstract

Provinsi DKI Jakarta merupakan provinsi dengan penduduk terpadat dengan angka kesakitan yang masih tinggi di Indonesia. Hal ini harus menjadi perhatian bagi pemerintah daerah Provinsi DKI Jakarta untuk terus mengembangkan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan yang mencukupi dan memadai bagi penduduk DKI Jakarta. Puskesmas adalah salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang sering digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan biaya pengobatan di puskesmas lebih terjangkau daripada biaya perawatan di rumah sakit atau klinik. Jumlah Puskesmas di Provinsi DKI Jakarta mengalami peningkatan sejak tahun 2012 sebanyak 288 unit hingga pada tahun 2016 sebanyak 310 unit. Jumlah unit puskesmas yang meningkat tidak serta merta menjadikan pelayanan puskesmas sudah memadai. Dari beberapa puskesmas yang ada di daerah Jakarta, puskesmas di Jakarta Utara dapat menjadi tolak ukur kualitas bagi puskesmas di daerah Jakarta yang lain. Kondisi bangunan, ketersediaan fasilitas pendukung, dan akses bantuan seperti ambulans yang memadai menjadi faktor yang menjadikan puskesmas di Jakarta Utara memiliki pelayanan yang berkualitas. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka akan dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan puskesmas di Jakarta Utara terhadap kepuasan pasien. Dimensi dari kualitas pelayanan puskesmas yang akan diteliti terdiri lima dimensi, antara lain tangible(bukti fisik), reliability(kepercayaan), responsiveness(daya tanggap), assurence(jaminan), dan emphaty(empati). Metode yang digunakan adalah metode metode Importance and Performance Analysis (IPA).

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: SNTI 2019 Unimal
Date Deposited: 26 Oct 2019 16:59
Last Modified: 26 Oct 2019 16:59
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/5003

Actions (login required)

View Item View Item