Analisis dan Optimasi Sistem Antrian Di Gerai Minuman Cepat Saji

Wijaya, Tony and Suyoto, Yohanes Totok and Hulu, Dalizanolo (2019) Analisis dan Optimasi Sistem Antrian Di Gerai Minuman Cepat Saji. Seminar Nasional Teknik Industri 2019, 4 (1). ISSN 2338-7122

[img]
Preview
Text
04-Paper-SNTI-2019.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: https://snti2019.industri.unimal.ac.id/

Abstract

Antrian adalah suatu fenomena yang tidak dapat dihindari saat ini, perusahaan manufaktur dan jasa dituntut untuk dapat mengurangi antrian dalam memberikan pelayanannya kepada pelanggan. Perkembangan industri di bidang makanan dan minuman pada saat ini sudah sangat berkembang pesat. Industri makanan dan minuman masih menjadi andalan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan mampu tumbuh sebesar 8,41% pada 2018. Chatime adalah suatu industri makanan dan minuman yang bergerak pada minuman teh, masalah yang terjadi pada saat ini adalah padatnya antrian yang terjadisehingga terjadinya penumpukan pelanggan dan waktu menunggu untuk dilayani yang lama.Data penelitian ini diambil selama 2 hari pada 24 dan 25Agustuspada pukul 13:00-15:00 yang dilakukan di fase pemesanan dan fase pengambilandi Chatime Mall Of Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem antrian yang terjadi di Chatime sekarang belum optimal dengan jumlah rata-rata antrian yang terjadi pada fase pemesanan yaitu 11 orang dan fase pengambilan yaitu 9 orang, waktu rata-rata orang dalam antrian pada fase pemesanan yaitu 18,33 menit dan fase pengambilan yaitu 17,93 menit. Optimasi yang dilakukan adalah dengan melakukan penambahan server pada tahap pemesanan menjadi 2 orang sehingga dapat mengurangi jumlah antrian menjadi 0 antrian dan rata-rata waktu menunggu dalam antrian menjadi 2,112 menit/orang.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: SNTI 2019 Unimal
Date Deposited: 24 Oct 2019 10:11
Last Modified: 24 Oct 2019 10:11
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/4982

Actions (login required)

View Item View Item