APLIKASI PEMBELAJARAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM)BERBASIS WEB

Abdullah, Dahlan and Erlina, Erlina and Erliana, Cut Ita and Zarlis, Muhammad and Elviwani, Elviwani and Hartono, Hartono (2018) APLIKASI PEMBELAJARAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM)BERBASIS WEB. SNITIK Seminar Nasional Inovasi Teknologi dan Ilmu Komputer.

[img]
Preview
Text
Paper SNITIK-Dahlan Abdullah.pdf

Download (533kB) | Preview
Official URL: http://snitik.unprimdn.ac.id/

Abstract

Banyak kecelakaan yang terjadi saat ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai rambu-rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas merupakan salah satu perlengkapan jalan yaitu lambang, huruf, angka kalimat atau perpaduan antaranya. Rambu sangat penting bagi pemakai jalan sebagai alat untuk pentunjuk dan peringatan pada pengguna di jalan. Untuk itu perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan memberikan pembelajaran berbentuk game tentang pembelajaran rambu-rambu lalu lintas. Kegiatan Penelitian ini mengembangkan game pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Dan menerapkan metode Finite State Machine untuk proses alur kontrol permainan yang terdiri dari 4 level, dimana player akan melengkapi jawaban dari setiap level agar dapat melanjutkan ke level berikutnya. Hasil dari game ini dapat memberikan pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas yang lebih menarik untuk dipelajari dan menyadari pentingnya menaati rambu-rambu lalu lintas.

Item Type: Article
Subjects: T Technology & Engineering > T Technology (General)
T Technology & Engineering > TI Informatics, Information System
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics
Depositing User: Dr. Dahlan Abdullah, ST, M.Kom, IPU, ASEAN Eng
Date Deposited: 26 Apr 2018 10:39
Last Modified: 26 Apr 2018 10:39
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/3593

Actions (login required)

View Item View Item