Amalia, Nanda and Abdullah, Al Chaidar and A, Rasyidin (2014) Cermin Kesetaraan Gender di Universitas Malikussaleh. Unimal Press, Lhokseumawe. ISBN 978-979-1372-99-2
|
Text
Buku Cermin Kesetaraan Gender di Universitas Malikussaleh.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu kondisi, dalam halmana persoalan gender masih dianggap sensitif dan agak segan untuk direspon secara patut. Bahkan, banyak yang masih menyimpan rasa atau persepsi yang tidak ilmiah ketika tema gender menyeruak ke tengah publik akademia, sebagaimana yang juga terjadi di Universitas Malikussaleh. Hal ini menunjukkan bahwa kepada siapa tanggung jawab kebijakan pengarusutamaan gender belum dipahami oleh pimpinan fakultas maupun universitas, sebagaimana belum dipahaminya berbagai persoalan ketidaksetaraan gender yang terjadi pada lingkup institusi pendidikan tinggi. Baseline study tentang kesetaraan gender di Universitas Malikussaleh menemukan bahwa (1) rumusan kebijakan pendidikan di Unimal bersifat netral gender dan belum terlihat adanya upaya untuk mengatasi kesenjangan gender yang ada maupun yang mungkin muncul; (2) dinamika antar civitas akademika dinilai dinamis, namun demikian terdapat beberapa isu kesenjangan gender yang muncul di Unimal yaitu (a) keterwakilan dalam menduduki jabatan struktural bagi perempuan; (b) partisipasi perempuan dalam mengikuti berbagai kegiatan peningkatan kualitas – sejenis training dan workshop; (3) Belum adanya strategi-strategi khusus yang ditetapkan oleh Pimpinan Unimal dalam pengarusutamaan gender dalam pendidikan di Unimal. Hal ini dapat dilihat pada rumusan statuta, rencana strategis maupun program-program serta kegiatan yang memberikan identifikasi terhadap pemenuhan kesetaraan gender. Studi ini sendiri sebagai bagian dari penelitian unggulan perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi referensi awal bagi pengambil kebijakan di Universitas Malikussaleh khususnya pada momentum terpilihnya Rektor Unimal periode 2014 – 2018 dalam hal menetapkan strategi-strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek pelaksanaan pendidikan tinggi. Strategi ini dapat dilakukan melalui perumusan kebijakan dan program-program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan civitas akademika laki-laki dan perempuan ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program gender. Kata kunci: Kesetaraan, Gender, PUG, Baseline Study, Analisis Institusional, Universitas Malikussaleh
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Ms. Nanda Amalia |
Date Deposited: | 28 Dec 2015 06:09 |
Last Modified: | 28 Dec 2015 06:09 |
URI: | http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/334 |
Actions (login required)
View Item |