Hubungan Infeksi Soil Transmitted Helminths dengan Penggunaan Alas Kaki pada Siswa SDN 20 Banda Sakti Kota Lhokseumawe Tahun 2016

Al-Muqsith, Al-Muqsith (2017) Hubungan Infeksi Soil Transmitted Helminths dengan Penggunaan Alas Kaki pada Siswa SDN 20 Banda Sakti Kota Lhokseumawe Tahun 2016. Lentera, 1 (1). pp. 68-73. ISSN 2548-835X

[img]
Preview
Text
JURNAL LENTERA (STH cacing).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penyakit akibat infeksi cacing menjadi masalah kesehatan bagi Indonesia, terutama pada anak sekolah dasar. Infeksi cacing ini ditularkan melalui tanah atau disebut juga penyakit infeksi Soil Transmitted Helminths (STH). Infeksi ini menyebabkan malnutrisi, anemia, retardasi intelektual dan gangguan pertumbuhan. Penyakit cacing merupakan penyakit berbasis lingkungan, dan personal hygiene seperti penggunaan alas kaki merupakan faktor utama yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan infeksi cacing usus atau Soil Transmitted Helminths (STH) dengan penggunaan alas kaki (personal hygiene) pada siswa SDN 20 Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Jenis penelitian ini berupa penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional dengan metode purposive sampling diikuti dengan metode proportional random sampling. Jumlah sampel sebanyak 75 siswa yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan uji Fisher’s Exact. Nilai p<0,05 dianggap berhubungan secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infeksi STH positif (86,7%) dan negatif (13,3%). Personal hygiene berupa penggunaan alas kaki tidak baik (29,3%). Terdapat hubungan antara infeksi STH dengan penggunaan alas kaki (p=0,029). Kata kunci : infeksi STH, personal hygiene, penggunaan alas kaki.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: dr. Al-Muqsith M.Si
Date Deposited: 27 Oct 2017 03:47
Last Modified: 27 Oct 2017 03:47
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/3054

Actions (login required)

View Item View Item