Hubungan Riwayat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Perkembangan Anak Menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) di Kelas B Taman Kanak-kanak(TK) Kartika XIV-3 Kota Lhokseumawe Tahun 2014

Kumalasari, Intan and Al-Muqsith, Al-Muqsith (2015) Hubungan Riwayat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Perkembangan Anak Menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) di Kelas B Taman Kanak-kanak(TK) Kartika XIV-3 Kota Lhokseumawe Tahun 2014. Lentera, 15 (14). pp. 64-67. ISSN 1829-9598

[img]
Preview
Text
Jurnal (paud KPSP).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan anak merupakan faktor penentu kesehatan yang penting selama kehidupannya. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu bentuk stimulasi untuk perkembangan anak yang sedang diprioritaskan oleh pemerintah. Mengetahui hubungan riwayat PAUD dengan perkembangan anak menggunakan KPSP di Kelas B TK Kartika Kota Lhokseumawe tahun 2014. Penelitian dilakukan secara cross sectional dengan subjek anak kelas B TK Kartika yang sehat dan kooperatif pada saat pemeriksaan, serta orang tua menyetujui ikut dalam penelitian. Tes perkembangan dilakukan dengan menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Jumlah subjek yaitu 149 anak dan yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 123 anak. Anak yang mengalami perkembangan normal berjumlah 43 anak (35,0%), dan anak yang perkembangannya meragukan berjumlah 34 anak (27,6%) serta yang mengalami penyimpangan berjumlah 46 anak (37,4%). Riwayat PAUD anak dinilai dengan laporan penilaian hasil belajar yang dimiliki anak. Anak yang memiliki riwayat PAUD formal sebesar 34 anak (27,6%.), nonformal sebesar 39 anak (31,7%) dan informal sebesar 50 anak (40,7%,). Terdapat hubungan antara riwayat PAUD dengan perkembangan anak. Kata kunci: PAUD, Perkembangan anak

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: dr. Al-Muqsith M.Si
Date Deposited: 27 Oct 2017 03:47
Last Modified: 27 Oct 2017 03:47
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/3048

Actions (login required)

View Item View Item