ANALISIS CAPAIAN KEPUASAN MASYARAKAT ATAS LAYANAN PEGAWAI PEMERINTAH KOTA LHOKSEUMAWE

Nasir, Muhammad and Ichsan, Ichsan (2013) ANALISIS CAPAIAN KEPUASAN MASYARAKAT ATAS LAYANAN PEGAWAI PEMERINTAH KOTA LHOKSEUMAWE. In: Seminar Nasional Ekonomi 2013. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SNE2013Proceding + Isi.pdf

Download (890kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Pemerintah Kota Lhokseumawe. Secara spesifik, bertujuan mengevaluasi tingkat kinerja unit pelayanan, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Data yang digunakan primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan warga yang memanfaatkan pelayanan pemerintah kota. Responden dipilih secara acak yang ditentukan sesuai cakupan wilayah masing-masing unit pelayanan. Sementara data sekunder yang diperoleh dari berbagai laporan, literatur-literatur, hasil-hasil kajian/riset, dan sumber-sumber lainnya yang sesuai dengan sasaran kegiatan. Model Analisis Data digunakan pengukuran melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Hasil penelitian menghasilkan bahwa nilai IKM untuk gabungan keempat unit pelayanan adalah sebesar 71,10. Artinya bermutu B dan berkinerja baik. Namun demikian, sebagai unit pelayanan masyarakat, setiap unit pelayanan wajib memperbaiki kinerjanya sebaik mungkin agar memperoleh mutu A atau kinerja sangat baik. Perlunya sosialisasi kepada pegawai dan warga kota tentang pentingnya Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Kota Lhokseumawe. Hal tersebut untuk menggugah kesadaran pegawai untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan berupaya memperbaiki kualitas pelayanan Pemerintah Kota Lhokseumawe. Keywords: Tingkat Pelayanan, Faktor-Faktor yang mempengaruh pelayanan publik

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: E Economy, Accounting, Development > E12 Management
Depositing User: Ichsan
Date Deposited: 15 Oct 2017 06:22
Last Modified: 15 Oct 2017 06:22
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/2980

Actions (login required)

View Item View Item