02 December 2016

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sekilas Tentang Kecerdasan Komunikasi

  • PORTALSATU
  • 01 December 2016 12:00 WIB

Kamaruddin Hasan.@IST
Kamaruddin Hasan.@IST

Oleh Kamaruddin Hasan*

Dalam menjalani hidup dan kehidupan, tentu saja setiap kita berkeinginan agar hidup ini lebih berarti dan bermakna bagi diri sendiri, orang lain dan masyarakat.  Setiap kita tidak ingin menjalani hidup ini  begitu saja, yang hanya menjalani hari-hari seperti biasa. Pastinya setiap kita dalam menjalani kehidupan menginginkan hidup tanpa penyesalan. Dalam hal ini, mesti menyadari bahwa dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari didasarkan pada bagaimana kemampuan untuk berhubungan  dengan orang lain  dengan cara yang wajar.

Dalam membangun hubungan tersebut, terbukti kecerdasan komunikasi, keahlian berkomunikasi merupakan salah satu kunci kesuksesan. Semua mempunyai kemampuan membuat perubahan melalui komunikasi verbal- non verbal yang baik dan benar. Perlu diingat bahwa cara kita berkomunikasi merupakan pendorong utama dalam menumbuhkan semangat pada diri sendiri, orang lain dan publik.

Artinya, tidak ada usaha yang lebih penting dan menarik untuk meraih keberhasilan, kesuksesan, menumbuhkan percaya diri, terciptanya hubungan antar manusia yang harmonis, saling memuaskan. Bahka keberhasilan dalam organisasi, dalam bermasyarakat daripada mempelajari seni berkomunikasi, membangun kecerdasan komunikasi.

Sesuatu yang yang istimewa ada pada kita adalah kemampuan berkomunikasi, tinggal saja, bagaimana membangun kecerdasan komunikasi itu sendiri. Namun saat ini, sepertinya kecerdasan komunikasi mulai memudar bahkan hilang. Terkadang, dalam kontek komunikasi verbalpun tidak mudah dijalankan, tidak mudah berbicara dengan orang lain yang dimengerti dan terjalin kebersamaan. Kecerdasan komunikasi sebagai seni berkomunikasi, sebagai seni yang harus diselaraskan antara ucapan, tulisan,  tingkah laku/perilaku dan perhatian. Mesti mengetahui seberapa pentingnya apa yang kita katakan–bicarakan, tuliskan dan bagaimana cara mengatakannya, termasuk dengan media apa.

Bayangkan, jika kita dapat mengkomunikasikan ide-ide dengan baik, dunia juga akan berubah drastis dan menjadi jauh lebih baik. Pekerjaan menjadi lebih memuaskan, keluarga akan lebih harmonis, lebih sehat dan baik. Pikiran akan bertambah tajam dan secara keseluruhan, kualitas hidup dan kehidupan menjadi lebih baik.

Kecerdasan komunikasi, memang masih jarang didengar ketimbang kecerdasan-kecerdasan yang lain, seperti kecerdasan emosional atau spiritual atau kecerdasan intelektual. Padahal kekayaan cara berkomunikasi dan aneka simbol yang digunakan adalah salah satu anugerah hakiki yang dimiliki yang membedakan manusia dari makhluk yang lain. Kecerdasan komunikasi adalah salah satu prasyarat penting untuk hidup dalam lingkungan bermsyarakat yang dinamis.

Kecerdasan komunikasi merupakan aktivitas primer yang mengalami evolusi yang sangat pesat. Ia melewati fase sejarah yang panjang hingga dimanfaatkan manusia sebagai interaksi sosial untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat dewasa ini.

Menjalin hubungan dalam proses komunikasi adalah perkara yang tidak teramat sulit, sebagian besar orang tentu dapat melakukannya meskipun tanpa kemampuan khusus. mulai dari memberi simbol, pertanyaan, menanggapi atau memberi saran serta solusi terhadap orang-orang yang berada di sekitar kita semua itu dapat terjadi secara otmotis dalam konteks sosial. Hanya saja mempertahankan kualitas hubungan dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik agar tujuan komunikasi dalam membangun hubungan antar sesama terjalin erat seperti apa yang diharapkan.

Kecerdasan komunikasi, juga sangat penting bagi sebuah bangsa negara yang besar, majemuk. Seperti halnya tujuan penting dari bangsa dan negara ini semenjak semula adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Makna konsep yang dirumuskan oleh para pendiri bangsa sangatlah mendalam dan penuh kearifan. Cerdas dalam kehidupan bukanlah sekedar pintar, menguasai  pengetahuan secara formil, lulus ujian dengan angka yang tinggi, menyandang banyak gelar namun tidak berguna bagi masyarakat.

Kecerdasan hidup adalah kemampuan menerapkan pengetahuan ke dalam kehidupan nyata yang lebih baik, mampu menciptakan sesuatu yang baru untuk memajukan kesejahteraan bersama, mampu mengambil pilihan yang berat dengan arif, dan berkorban untuk masa depan bangsa yang jauh lebih baik.

Kehidupan yang cerdas menentukan pemahaman dan konsistensi terhadap semua tujuan bangsa negara ini.  Melindungi  bangsa tidak terbatas pada tindakan yang fisik tetapi juga termasuk pada yang nirwujud. Melindungi seluruh tumpah darah, juga tidak terbatas pada wujud tanah air, tetapi juga termasuk yang dibentuk dengan teknologi, seperti saluran komunikasi yang dikembangkan dari sumber alam dasar milik bersama seluruh bangsa.

Artinya, tidak ada manusia tanpa hubungan komunikasi. Demikian juga, tidak akan ada kehidupan berbangsa tanpa komunikasi. Komunikasi merupakan sarana inti yang menghubungkan segala unsur dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Masyarakat yang tidak cerdas dalam berkomunikasi akan tidak berdaya menghadapi perkembangan arus nilai-nilai rancu dan informasi luar yang cepat, deras dan luas, akibat perubahan kehidupan komunikasi global yang makin meningkat.

Sebuah bangsa dan negara yang tidak cerdas dalam kehidupan komunikasi, bahkan dapat kehilangan hak, kekuasaan dan kedaulatannya atas prasarana  komunikasi nasionalnya sendiri  tanpa disadari.

Kecerdasan komunikasi, tidak akan dapat lepas dari etika dan norma. Secara teoritis, etika merupakan suatu cabang ilmu filsafat yang berbicara mengenai nilai, norma, dan moral yang menentukan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Etika membantu manusia untuk bertindak secara bebas dan dapat dipertanggung jawabkan. etika mengarahkan manusia mengambil sikap dan tindakan secara tepat dalam kehidupan dan  etika menciptakan kebahagiaan dalam menjalin hubungan secara nyata. Kecerdasan komunikasi adalah bagaimana menanamkan etika dalam berkomunikasi baik komunikasi secara lansung maupun komunikasi bermedia.

Kecerdasan komunikasi, dalam kontek media juga mmembutuhkan etika dan norma. Kehadiran  internet misalnya, telah memberi dampak besar bagi kehidupan kita, internet dipandang sebagai tempat wisata informasi bagi orang orang yang tidak bosan untuk dikunjungi, selain itu sebagian besar dari masyarakat dunia memanfaatkan jasa internet untuk melakukan proses komunikasi.

Seperti diketahui, komunikasi melalui internet pada umumnya diakses melalui media sosial. Dengan media sosial, komunikasi dipandang lebih efisien. Selain itu komunikasi yang dibangun tidak mengenal batas. Bentuk komunikasi melalui media internet dapat terjalin dari dan ke berbagai tempat, ruang dan waktu. Walau, terkadang komunikasi melalui media internet atau media sosial juga mengalami disfungsi serta sering kali menimbulkan polemik tanpa solusi.

Sekali lagi, sesuatu yang istimewa ada pada diri kita adalah kemampuan berkomunikasi, maka berkomunikasilah secara cerdas. Membangun kecerdasan komunikasi demi hidup dan kehidupan yang lebih baik. Semoga!

* Dosen Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Malikussaleh.

Editor: IRMANSYAH D GUCI

Berita Terkait


portalsatu.com © 2015. All Rights Reserved.