HASIL PENILAIAN SEJAWAT SEBIDANG ATAU PEER REVIEW KARYA ILMIAH : JOURNAL: “Analisis Produktivitas Perawatan Mesin dengan Metode TPM (Total Productive Maintenance) Pada Mesin Mixing Section”

Downloads

Downloads per month over past year

Sayuti, M (2016) HASIL PENILAIAN SEJAWAT SEBIDANG ATAU PEER REVIEW KARYA ILMIAH : JOURNAL: “Analisis Produktivitas Perawatan Mesin dengan Metode TPM (Total Productive Maintenance) Pada Mesin Mixing Section”. Jurusan Teknik Mesin Unimal.

[img]
Preview
Text
Produktifitas.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://mjmst.unimal.ac.id/index.php/mjmst/article/...

Abstract

Perkembangan teknologi yang digunakan pada sebuah perusahaan semakin maju dan komplek sesuai dengan perkembangan zaman, dengan demikian produktivitas perawatan harus selalu diperhatikan untuk kelancaran proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produktivitas perawatan mixing section pada PT. X dengan menggunakan metode Total Productive Maintenance. PT. X adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan pakan ternak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa availability rate kelima mesin masih berada dibawah standar JIPM (Japan Institute of Plant Maintenance) 90%, performance rate kelima mesin berada dibawah standar JIPM 95% dan rate of quality kelima mesin juga berada dibawah standar JIMP 99% dan untuk overall equipment effectiveness juga masih berada dibawah JIPM yaitu 85%. Untuk itu perawatan mesin perlu ditingkatkan untuk kelancaran produksi. Tindakan perbaikan yang diusulkan adalah menyiapkan perlengkapan autonomous maintenance, memberikan training bagi operator dan teknisi maintenance serta melakukan pengawasan terhadap operator tentang kebersihan tempat kerja.

Item Type: Other
Subjects: T Technology & Engineering > TB Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Dr. M Sayuti, ST, M.Sc
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:02
Last Modified: 05 Dec 2016 22:59
URI: http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/2352

Actions (login required)

View Item View Item